nilai tempat dan penggunaannya

nilai tempat dan penggunaannya

membeli buah

armi dan ibunya membeli buah buahan pedagang buah memiliki banyak buah seperti pada gambar berikut
dapatkah kalian menghitung berapa masing masing buah milik pedagang
a. bilangan dan urutan banyak benda
benda dapat diurutkan untuk mengurutkannya harus dibilang
1 bilangan banyak benda armi ida dan sena berjualan kue masing masing anak kuenya berbeda
2 urutan benda
banyak benda dapat diurutkan pengurutan akan mudah dilakukan apabila kalian selesai membilangnya perhatikan gambar berikut
gambar a 13 bola
gambar b 16 bola
gambar c 11 bola
gambar d 15 bola
sebutkan yang paling sedikit
sebutkan yang paling banyak apabila diurutkan dari yang sedikit
2 mengurutkan sekelompok bilangan kalian sudah dapat mengurutkan bilangan sampai 20 sekarang kalian akan mengurutkan bilangan dengan dua angka
b nilai tempat puluhan dan satuan penulisan bilangan dua angka dapat ditentukan nilai puluhan dan satuannya
1 penulisan jumlah puluhan dan satuannya perhatikan bilangan yang telah kalian pelajari berikut ini
2 penentuan nilai tempat””’

”””””

””””’

c penjumlahan dua bilangan paman memetik 30 buah mangga kemudian memetik lagi 15 buah dapatkah kalian menghitung jumlah mangga yang dipetik paman ayo belajar menjumlah dua bilangan setelah belajar materi ini kalian dapat menjumlah dua bilangan 1 penjumlahan cara mendatar ari membeli 20 kelereng diberi bibi 10 kelereng berapa banyak kelereng ari penyelesaian.

d. pengurangan dua bilangan

andi mempunyai 35 ekor ayam kemudian mati 10 ekor berapa sisa ayam yang dimiliki andi ayo belajar pengurangan dua bilangan setelah ini kalian dapat menghitung sisa ayam yang dimiliki andi 1 pengurangan dengan cara mendatar telur ibu ada 30 butir digoreng 10 butir berapa butir sisanya contoh 30 – 10 = …
”’e sifat operasi pertukaran dan pengelompokan’

kalian sudah belajar penjumlahan bilangan dua angka sekarang kalian akan belajar mengenal sifat operasi pertukaran dan pengelompokan setelah belajar kalian dapat menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokan pada penjumlahan
f pemecahan masalah sehari hari’

”’

”””

roni mempunyai 25 kelereng diberikan kepada tono 5 kelereng kemudian membeli lagi 10 kelereng berapa jumlah kelereng roni sekarang dapatkah kalian menyelesaikan soal cerita tersebut pelajari materi berikut ini dengan baik kalian akan dapat menyelesaikan soal tersebut langkah penyelesaian soal cerita
1 ubah kalimat cerita menjadi kalimat matematika
2 lakukan operasi hitung
3 menyimpulkan
1 penjumlahan
contoh
kakak membeli 20 duku membeli lagi 15 duku berapa jumlah duku kakak pemecahan diketahui duku = 20 membeli lagi = 15
ditanya jumlah duku kakak
penyelesaian
karena kakak membeli lagi maka duku bertambah yaitu 20 + 15 = 35
jadi semua duku kakak sekarang ada 35 buah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s